Posted by: kuboconcept | July 26, 2008

arti sebenarnya dari sebuah pertandingan

Kebanyakan orang menganggap pertandingan hanyalah tentang menang atau kalah. Hanya dua hal itu saja. Mental seperti ini yang meyebabkan masyarakat kita sulit untuk maju. Hanya berorientasi pada hasil. Inilah salah satu pelajaran yang saya dapat ketika saya bekerja beberapa waktu lalu. Proses berpikir seperti ini menghentikan kreatifitas saya dalam berkarya. Proses berpikir seperti ini yang membuat saya berhenti untuk berkembang.

Orientasi hanya pada hasil akan mengakibatkan seseorang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang baik tanpa memperhatikan proses yang dilalui.Padahal sebenarnya justru proses lah yang menentukan siapakah juara yang sebenarnya dalam sebuah pertandingan. Tidak hanya pertandingan dalam olahraga saja. Tapi juga pertandingan dalam bisnis, pertandingan dalam berkarya, pertandingan dalam berinovasi, dan pertandingan-pertandingan lainnya. Karena dalam hidup ini kita sebenarnya di penuhi oleh pertandingan-pertandingan, meskipun tidak semuanya tertulis dan juga tidak semuanya disadari.

Coba bayangkan saja, buat apa menang dalam sebuah pertandingan, tapi kemenangan tersebut diraih dengan cara licik, atau kemenangan tersebut hanyalah sebuah keberuntungan. Misalnya saja dalam sebuah pertandingan sepak bola, sebuah tim memperoleh kemenangan melalui sebuah tendangan pinalti, padahal permainan mereka secara keseluruhan sepanjang pertandingan benar-benar kacau balau. Tim mereka terus menerus di gempur dari berbagai sudut oleh tim lawan, namun karena keberuntungan penyelesaian akhir dari tim lawan selalu berakhir dengan tendangan yang terlalu melebar. Kemudian pada detik-detik terakhir tim ini memperoleh hadiah tendangan pinalti hasil dari aksi diving (pura-pura) sang penyerang. Dan tentu saja bola dimasukkan dengan mudah. Akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 1 – 0. Lantas yang jadi pertanyaan siapakah pemenang dalam pertandingan ini?

Bagi saya, pemenangnya adalah tim lawan yang telah dengan tangguh menyerang dengan luar biasanya. Buat apa menang jika kemenangan itu hanya mengantarkan kita pada keterpurukan, karena mungkin saja karena kemenangan ini mereka terlalu terbuai dengan kemenangan sehingga lupa untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan mereka sehingga mengakibatkan penampilan mereka semakin buruk di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Justru pemenang sesungguhnya adalah tim lawan, mereka telah dengan tangguh menyerang dan bertahan, dari pertandingan ini dapat diketahui kekurangan mereka bahwa mereka hanya tinggal memoles penyelesaian akhirnya saja, sehingga mereka menjadi tim yang sangat tangguh dan kemudian kekalahan ini akan mengantarkan mereka pada kemenangan-kemenangan di hari esok.

Jika kita melihat sebuah grafik

Garis mana yang merupakan garis terbaik?

Tentu saja garis yang berwarna biru. Meskipun pada awalnya garis ini bukan apa-apa (nilai awalnya nol) tapi dengan proses yang luar biasa berakhir menjadi yang terbaik. Grafik tersebut menganalogikan dengan baik bahwa sebenarnya berorientasi pada hasil sebenarnya juga bertujuan untuk memperoleh hasil yang baik. Jadi yang paling penting bukan berapa nilai awalnya atau sedang berada di titik mana kita saat ini, tapi yang paling penting adalah berapa gradien (kemiringan) garisnya dan berada di titik mana garis tersebut untuk selanjutnya.

Memang agak sulit untuk memahami paradigma ini. Di benak banyak orang saat ini, pertandingan adalah ajang untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Itulah mengapa kebanyakan orang untuk mengetahui informasi sebuah pertandingan, bertanya “Siapa yang menang?” bukan “Siapa yang tangguh?”. Tentu saja pardigma yang saya tulis di sini juga pada hakikatnya memiliki definisi yang sama: Pertandingan adalah ajang untuk menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Namun, kemenangan dalam arti sebenarnya, kemenangan yang mutlak karena mereka layak untuk disebut juara.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: