Posted by: kuboconcept | April 14, 2008

hearing calon himatika

Hari ini saya menghadiri acara hearing calon senator HIMATIKA.

Sebuah ajang pencarian mahasiswa yang paling cocok untuk dijadikan senator bagi HIMATIKA.

Acara hearing ini terdiri dari beberapa bagian. Ada bagian, perkenalan, penyampaian visi, dan tanya jawab.

Seperti biasa bagian yang paling menarik dari hearing adalah saat sesi tanya jawab, dimana pertanyaan-pertanyaan dapat dibagi menjadi tiga jenis:

1. Pertanyaan Membangun

Berisi pertanyaan-pertanyaan yang dapat membangun kemampuan dan menambah pengetahuan, tidak hanya bagi orang yang ditanya, tapi bagi siapapun yang mendengar.
2. Pertanyaan Pertanyaan
Berisi pertanyaan yang memang diajukan karena sang penanya tidak tahu dan ingin tahu mengenai jawaban atas pertanyaan yang dia ajukan
3. Pertanyaan Menjatuhkan
Berisi pertanyaan yang sifatnya menjatuhkan bagi orang yang ditanya. Biasanya sang penanya sudah mengetahui jawaban dari apa yang ia tanyakan, dan biasanya tujuannya bertanya adalah untuk menunjukkan bahwa dia lebih baik dan lebih berpengetahuan dari orang yang ditanya.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam hearing adalah pertanyaan yang sifatnya menguji. Lalu masuk ke dalam kategori apa pertanyaan yang sifatnya menguji?

Jika dilihat dari definisi dari tiap kategori di atas, maka sebenarnya masih perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai tujuan si penanya menguji orang yang di hearing karena menguji itu masih merupakan tujuan secara global, jadi dapat dibedakan kambali menjadi pertanyaan yang bersifat menguji untuk membangun atau pertanyaan yang bersifat menguji untuk menjatuhkan.

Menariknya kebanyakan dari pertanyaan yang bersifat menguji itu bertujuan untuk menjatuhkan (maka bersiaplah bagi siapapun yang akan di hearing untuk mendapat pertanyaan-pertanyaan yang menjatuhkan🙂 ). Terlihat dari bagaimana cara sang penanya menyampaikan pertanyaan dan memberikan tanggapan atas pertanyaan.

Saya memang orang yang cukup sensitif dalam melihat dan merasakan hal-hal yang sangat kecil. Dari cara penuturan pertanyaan, cara pemilihan kata, dan cara bertingkah laku saya dapat merasakan apa tujuan sang penanya bertanya.

Menarik melihat bagaimana orang-orang yang unjuk gigi memperlihatkan kehabatannya dalam bentuk bertanya, orang-orang yang bijak dengan pengetahuannya yang luas berbagi, wajah-wajah ketakutan atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan atas dirinya, dan situasi-situasi lain yang bisa di dapati di hearing ini.

Entahlah,apakah menghadiri hearing masih cukup bermanfaat bagi orang-orang seperti saya yang tidak berniat untuk unjuk gigi dan show up di depan orang-orang. Tapi,setidaknya dari hearing ini kita dapat menyadari mengenai tiga kategori pertanyaan dalam hearing, dan berbagai macam karakter sebenarnya dari orang-orang yang ada di sekitar kita.


Responses

  1. Kalo pertanyaan yg sedang sy ajuin ini termasuk kategori yang mana bo^^?

    Coba nilai pertanyaan di bawah bo.
    -senator dsini sjenis dengan MPK di sekola?
    -senator dsini sjenis dengan MPK di sekolakan?

  2. hohohoho
    menurut saya ga cuman dari sekedar jenis pertanyaannya aja
    dari pemilihan kata
    nada ketika bertanya
    tingkah sang penanya
    sikap sang penanya setelah pertanyaan di jawab
    dan dari banyak hal lainnya
    dari semua itu baru keliatan apa niat dia bertanya😉


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: