Posted by: kuboconcept | July 24, 2008

jangan pernah berusaha untuk menjadi yang terbaik

Jadilah Yang Terbaik”

Sebuah pernyataan yang seringkali ditujukan banyak orang kepada orang yang akan menghadapi sebuah kompetisi yang akan menentukan apakah ia layak disebut juara atau tidak.

Itulah anggapan masyarakat saat ini. Hal yang paling hebat adalah menjadi yang terbaik dengan takaran menjadi lebih baik dari orang lain. Seringkali kita menganggap bahwa untuk menjadi yang terbaik adalah dengan mengungguli kemampuan semua orang yang ada. Justru hal inilah yang telah membuat banyak orang gagal menjadi yang terbaik.

Kemampuan orang lain yang menjadi takaran apakah kita telah menjadi yang terbaik atau belum justru telah menjadi penghalang atas berkembangnya kemampuan diri kita. Pikiran kita menjadi terbatas pada apa yang bisa orang lain lakukan sehingga seringkali kita hidup dalam kecemburuan dan keinginan untuk memiliki kemampuan yang lebih baik dari dia dan dengan hal itu kita akan menjadi yang terbaik. Namun sayangnya cerita seperti ini jarang sekali berakhir dengan kebahagiaan dimana kita menjadi yang terbaik karena mampu mengalahkan kemampuan orang lain. Cerita ini seringkali berhenti pada kecemburuan dan keinginan untuk dapat memiliki kemampuan yang lebih dari orang lain. Cukup sampai disana. Karena angan-angan itu tak pernah terjadi.

Orang-orang yang menorehkan nama mereka dalam sejarah peradaban manusia tak pernah berpikir untuk melampaui kemampuan orang lain. Mereka hanya berpikir untuk memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan oleh mereka. Tidak peduli apa yang bisa orang lain lakukan. Tidak peduli apa yang telah orang lain capai. Bagi mereka yang terpenting adalah apa yang dapat mereka hasilkan bukan apa yang telah dihasilkan orang lain. Hal inilah yang seringkali mengantarkan seseorang untuk menjadi yang terbaik. Bahkan boleh jadi meskipun seseorang telah dieluelukan sebagai orang yang telah menorehkan namanya dalam sejarah namun sebenarnya mereka masih belum mencapai cita-cita mereka untuk dapat memberikan hal terbaik dari diri mereka. Itulah mengapa kita dapat menemukan bahwa banyak orang hebat yang masih berkarya hingga detik terakhir hidupnya di dunia.

Maka, jangan pernah berpikir untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Jadilah diri sendiri. Tiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Jika kita hanya melihat orang lain, maka kita hanya terpaku untuk mengalahkan orang lain untuk menjadi yang terbaik. Sungguh sangat disayangkan karena jika kita sadari bahwa menjadi diri sendiri dan mengembangkan kelebihan pribadi, maka akan kita menemukan kekuatan tanpa batas yang tidak terbayangkan sebelumnya bahkan oleh diri kita sendiri yang akan mengantarkan kita menjadi yang terbaik dan tetap menjadi yang terbaik hingga nama kita ditorehkan dengan tinta emas perjuangan dalam sejarah peradaban manusia.


Responses

  1. Asw…
    Quboo..mantap pisan tulisannya…

    Cuma mo nambahin aja…

    ” Be the best, but don’t feel as the best “

  2. O iya lupa…numpang ngelink di blog saya ya..
    nuhun..

  3. ” Be the best, but don’t feel as the best “
    beuh,mantap
    sip lah

    numpang ngelink?waduh,justru saya seneng
    nuhun pisan

  4. Di tengah diamnya kubo di kelas kesling, yang emang kadang bikin ngantuk, ternyata terseruak asa dan cita dalam pemikiran-pemikiran menndalamnya..
    Benar-benar jangan terjebak pada apa yang dilakukan orang lain, jangan terjebak pada penilaian orang lain, cari prinsip yang tepat, pegang teguh, dan kalahkan batas2 dalam dirimu.

  5. kesling? yoi mantap
    sekelas kita betul? hahahaha
    kadang ngantuk emang, bukan karna materinya
    tapi karna waktunya yang “kurang siang”
    iya bener. makanya jangan berusaha melebihi saya
    karna sudah jelas, saya gakkan pernah terkalahkan ;D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: