Posted by: kuboconcept | August 4, 2008

raksasa besar dalam diri kita

Giant_monster_by_artbycarlosHidup di lingkungan orang-orang yang penuh prestasi rasanya berat sekali. Seringkali kita merasa iri melihat prestasi orang lain yang begitu melejit bagaikan roket. Ada yang mengikuti olimpiade sampai tingkat internasional, ada yang mengikuti lomba karya ilmiah hingga tingkat nasional, ada yang mendapat beasiswa memperoleh pendidikan lanjutan di luar negeri, dan prestasi-prestasi lainnya. Apakah hal seperti itu memang lumrah terjadi pada banyak orang? Lalu jika memang pada dasarnya seperti itu, hal apa yang membuat adanya orang yang terus memiliki prestasi yang melejit? Sebuah pertanyaan yang seharusnya ada di benak kita saat melihat orang lain mengukir prestasi yang luar bisa.

 

Sangat berbahaya jika kita hidup dalam perasaan iri seperti itu. Kita tak akan pernah menemukan kekuatan terbesar dalam diri kita karena hanya terpaku pada apa yang telah diraih oleh orang lain. Padahal tiap orang belum tentu memiliki kelebihan yang sama. Tiap diri manusia adalah makhluk yang unik dimana setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Kelebihan yang akan membawanya menorehkan prestasi terbesar dalam hidupnya. Prestasi yang bukan hanya diakui oleh diri pribadi, namun juga oleh semua orang.

Tidak banyak orang yang sadar bahwa tiap pribadi memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya saja jika kita bertanya pada orang yang sama sekali tidak pernah berprestasi dalam hidupnya: “Apa kelebihan dirimu dibandingkan orang lain?”. Apa yang kemudian akan ia jawab? Mungkin ia akan berpikir lama sekali karena ia sama sekali tahu bahwa di dalam dirinya tertidur raksasa besar kelebihan dirinya yang mampu menggebrak dunia. Saking lamanya kita menunggu, akhirnya kita memberikan pertanyaan lanjutan, “Kegiatan apa yang kamu sukai?”, kemudian ia berpikir sejenak, dan akhirnya menjawab “Makan”, kemudian semua orang yang mendengar tertawa dibuatnya. Kita berpikir hobi seperti itu tidak akan membuat kita berprestasi, tidak akan memberikan manfaat apa-apa karena semua orang tentunya suka makan.

Bukan kelebihan seperti itu yang harus kita cari. Kita harus benar-benar meresapi tentang kegiatan apa yang kita sukai untuk dilakukan. Tidak masalah kegiatan apapun itu asalkan baik, benar, dan bermanfaat. Jangan pernah meremehkan kelebihan apapun. Bahkan kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang banyak pun bukan berarti tidak dapat menjadi kelebihan seseorang. Misalnya saja hobi makan.

Tidak ada orang yang menyangka bahwa hobi makan akan membuat seseorang menjadi orang kaya, hobi makan akan membawa seseorang keliling dunia, hobi makan akan menjadikan seseorang menjadi orang yang sangat terkenal. Tapi itu kenyataannya, hobi makan telah membawa Pak Bondan pemandu acara wisata kuliner di Trans tv mengalami hal-hal yang luar biasa yang tidak banyak dialami oleh orang-orang pada umumnya.

Pada mulanya saya berpikir bahwa semua orang juga mampu untuk memandu acara seperti itu, namanya juga makan makanan yang enak, semua orang juga bisa. Kemudian waktu terus berlanjut hingga acara ini nampaknya menjadi salah satu acara favorit di negeri ini. Saya masih berpikir bahwa semua orang mampu memandu acara ini. Hingga akhirnya acara dengan konsep mencari makanan-makanan di sepanjang negri ini berjamur di stasiun tv, bahkan hingga di acara berita pun ada sesi kulinernya. Semenjak saat itu saya menjadi sadar bahwa Pak Bondan ini tidak main-main dalam hobi makannya, saya rasa tidak ada yang mampu menandinginya memandu wisata kuliner di tv. Bahkan tidak ada orang lain yang terlihat lebih merasakan kelezatan suatu makanan selain Pak Bondan, sepertinya semua makanan sangat lezat baginya.

Itu hanya salah seorang yang menjadi contoh bagaimana kita harus bersungguh-sungguh dengan kekuatan terbesar yang sedang tertidur dalam diri kita. Masih banyak cerita tentang orang-orang yang mampu membangunkan raksasa dalam dirinya. Dan ingat, jangan pernah meremehkan kelebihan apapun. Boleh jadi suatu saat nanti akan hadir seorang yang menjadi sangat kaya, menjadi sangat terkenal karena hobinya yang luar biasa standar, yaitu tidur. Misalnya saking terkenalnya sebagai ahli tidur, tenggang waktu dia menuju terlelap, tingkat relaksasi ketika tidur dan lamanya waktu terlelap di sebuah produk kasur, menjadi parameter bagus atau tidaknya produk kasur tersebut, dan tentunya dia dibayar dengan mahal untuk pengujian ini. Mungkin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: